Artikel Magnet Mengenai Pengertian dan Medan Magnet di Bumi

Artikel Magnet Mengenai Pengertian dan Medan Magnet di Bumi

Medan magnet merupakan ruang di mana sebuah benda yang ada di dalamn ruang tersebut memperoleh gaya magnet. Makin besar kekuatan sebuah magnet, makin besar pula medan magnetnya. Medan magnet mempunyai gaya lengkung yang biasa disebut sebagai garis gaya.  Garis tersebut berjalan dari kutub utara dan berakhir di kutub selatan. Bumi bisa dianggap sebagai sebuah magnet yang sangatlah besar. Simak artikel magnet kami selengkapnya diabawah ini.

Ulasan Mengenai Pengertian dan Medan Magnet di Bumi
Berada di sekitar kutub utara bumi, sedangkan kutub utara berada di sekitar kutub selatan bumi. Oleh karena itu arah garis gaya magnet bumi tidak berimpit dengan arah utara-selatan yang sebanrnya. Itulah sebabnya jarum kompas tidak tepat menunjukan arah utara dan selatan yang sebenarnya, namun memang sedikit menyimpang. Penyimpangan arah tersebut dinyatakan dengan sudut antara kutub magnet bumi dan kutub buminya akan disebut dengan deklinasi.

Besar sudut deklinasi diberbagai tempat di permukaan bumi pun bukan hal yang sama. Sudut deklinasi pun besarnya berubah-ubah setiap tahunnya. Medan magnet bumi akan membentuk sudut dengan arah horizontal bumi. Sudut yang mempunyai bentuk antara magnet dengan bidang horizontal disebut dengan sudut inklinasi. Besar sudut inklinasi di permukaan bumi juga sangatlah berbeda-beda.

Artikel Magnet Bumi yang Mempengaruhi Benda di Permukaan
Pada artikel magnet ini, membahas bahwa medan magnet bumi akan mempengaruhi benda benda yang ada dalam permukaan bumi bahkan sampai ke luar angkasa. Semakin jauh dari bumi pengaruh magnetpun semakin melemah. Benda-benda langit seperti meteor yang mengandung bahan-bahan logam yang bisa ditarik oleh magnet. Jadi bumi akan tertarik masuk ke dalam atmosfer bumi. Benda-benda tersebut cenderung masuk dan tertarik ke arah kutub magnet yang sudah mempunyai gaya magnet paling besar.
Planet dan bintang bisa menghasilkan medan magnet karena mempunyai material magnetik seperti besi didalamnya dan dengan perputarannya muncul arus yang berputar mengelilinginya. Venus tidak mempunyai medan magnet karena putarannya sangat lambat. Mars juga tidak mempunyai medan magnet. Hal tersebut terjadi karena dalam mars tidak terbentuk lelehan, sehingga besi terletak dalam permukaan dan tidak akan menimbulkan sebuah medan magnet.

Artikel Magnet Mengenai sejarah Munculnya  Di Bumi


Kata magnet berasal dari sebuah daerah di bagian asia yakni magnesia merupakan tempat ditemukan pertama kali sebuah batu yang mampu menarik benda-benda kecil disekitarnya. Hans christian oersted kala itu pada tahun 1820 menemukan bahwa arus di dalam sebuah kawat bisa memberikan efek-efek magnetik, karena arus dapat mengubah arah sebuah jarum kompas.

Jadi kami simpulkan bahwa disekitar arus listrik terdapat sebuah magnet. Medan magnet merupakan ruang atau daerah disekitar magnet yang membawa arus. Medan magnet biasa disebut sebagai induksi magnetik atau garis  induksi yang disimbolkkan dengan B. Arah B di definisikan sebagai arah yang cukup cenderung di tunjuk oleh kutub utara sebuah jarum kompas.

Magnet merupakan sebuah  benda yang terdiri dari kutub utara dan kutub selatan, sebuah magnet bisa menarik benda-benda disekitarnya yang memiliki sifat magnetis juga. Sebuah magnet bisa mengalami gerak osilasi jika dialiri aliri arus listrik. Saat sebuah magnet berosilasi, dan arus yang mengalir pada magnet berhenti, maka magnet tersebut akan mengalami beberapa perubahan.

Bumi memiliki sebuah medan magnet yang disebabkan oleh sumber yang berasal dari dalam inti bumi itu sendiri. Salah satu metode yang bisa di gunakan untuk mengetahui medan magnet bumi yakni dengan menghitung periode osilasi magnet batang yang di gantung dalam daerah medan magnet kumparan. Sekian mengenai artikel magnet kali ini, semoga bermanfaat.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts