Artikel Membuat Magnet dengan Cara yang Tepat

Artikel Membuat Magnet dengan Cara yang Tepat

Pada artikel magnet sebelumnya, kita sudah pernah membahas mengenai sebuah ciri magnet. Dari situs bisa kita pahami dan ketahui sebuah benda haruslah mempunyai ciri magnet tersebut dahulu agar bisa disebut sebagai magnet. 

Bahan magnet sendiri ada yang bisa kita peroleh secara alami dan bisa kita membuatnya. Bahan magnet sudah sering di aplikasikan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak banyak kalangan yang mengetahui cara membuat magnet buatan, baik itu cara membuat magnet permanen ataupun hanya sementara.

Ulasan Membuat Magnet dengan Cara yang Tepat


Magnet bisa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara membuat sebuah magnet tersebut. Pertama, magnet alam dengan bentuk yang alami melalui proses alam, misalnya magnet bumi dan batu magnesian. Kedua magnet ini, yang cara pembuatan magnet dilakukan dengan sengaja.

Artikel magnet ini mengulas mengenai cara membuat beberapa bentuk yang sudah disesuaikan dengan fungsinya. Bentuk-bentuk magnet tersebut mulai dari magnet batang, tabung, jarum, dan huruf U. Sedangkan, bahan yang dapat dibuat menjadi sebuah magnet merupakan bahan-bahan terdiri dari atom magnet seperti besi dan baja.
Setiap benda yang terbuat dari besi dan baja bisa kalian jadikan magnet dengan cara-cara tertentu. Terdapat 3 cara membuat magnet, yakni dengn cara menggosok, mengalirkan arus listrik, dan induksi magnetik. Agar kalian bisa memahami dengan baik cara buat magnet yang baik dan benar.

Magnet Dengan Cara Menggosok Yang Tepat
Artikel magnet kali ini , jika kita mempunyai sebatang besi atau sebatang baja, maka benda tersebut tidak dapat menarik jarum atau benda kecil yang terbuat dari logam. Hal tersebut terjadi karena besi dan baja tidak mempunyai sebuah sifat kemagnetan. Dimana salah satu ciri-ciri magnet yakni bisa menarik benda logam yang sudah berada di dekatnya. Salah satu cara merubah besi atau baja untuk mempunyai sifat kemagnetan yakni dengan cara menggosok. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk merubah besi menjadi magnet. Alat dan bahan:
Satu buah magnet tetap Sebuah batang besi Beberapa buah jarum

Langkah Kerja Magnet Atau Cara Membuat Yang Mudah
Peganglah magnet tetap tersebut, lalu gosokkan ujung magnet tersebut pada sepanjang permukaan batang besi. Gosokan besi satu arah dan jalankan terus-menerus. Lakukan hal ini kurang lebih selama lima menit. Kemudian dekatkan besi tersebut pada jarum. Jika besi tersebut bisa menarik jarum, artinya besi mereka sudah mempunyai sifat kemagnetan.

Tidak hanya menggunakan cara induksi, besi dan baja pun bisa kalian jadikan arus listrik. Caranya Besi dan baja dililiti kawat yang sudah dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang ada pada besi dan baja nantinya akan terpengaruh aliran arus searah yang dihasilkan oleh baterai. Hal ini yang akan menyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarag ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan bisa menarik serbuk besi yang berada dekatnya. Magnet yang demikian disebut dengan magnet listrik atau elektromagnet.

Besi yang berujung A dan B dililiti kawat mempuyai arus listrik. Kutub magnet yang sudah terbentuk bergantung pada arah arus ujung kumparan. Apabila arah arus berlawanan dengan arah jarum jam maka besi tersebut menjadi kutub utara. Nah sebaliknya, apabila arah arus jalan dengan jarum jam, maka ujungnya akan terbentuk kutub selatan. Dengan demikian, ujung A kutub utara dan B selatan atau sebaliknya. Demikian mengenai artikel magnet kali ini, semoga bermanfaat.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts