Artikel Magnet Mengenai Asal-Usul Magnet Secara Lengkap

Artikel Magnet Mengenai Asal-Usul Magnet Secara Lengkap

Berdasarkan sifat magnetnya benda dibagi menjadi 2 macam yakni ferromagnetik atau benda yang bisa ditarik kuat oleh magnet, parramagnetik benda yang bisa ditarik magnet dengan lemah dan yang terakhir diamagnetik benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Simak ulasan lengkap kami mengenai artikel magnet sekarang juga.

Ulasan Mengenai Asal-Usul Magnet Secara Lengkap
Nah, untuk dalam artikel magnet anda bisa memmbuat dan jalankan dengan menggunakan 3 cara yaitu penggosokan, mengaliri dengan arus, dan cara induksi. 

Ketika membuat magnet dengan cara menggosok maka hal yang perlu diperhatikan yakni penggosok harus searah atau teratur tidak boleh bolak-balik. 

Magnet bisa menarik benda logam tertentu karena susunan magnet elementer dalam magnet tersebut sudsah tersusun teratur. Bila kita bisa membuat susunan magnet elementer teratur maka kalian bisa membuat seuah magnet.

Hal penting yang harus kita bahami yakni sebagian besar kalangan berpikir bahwa cara membuat magnet tersebut mennetukan sifat kemagnetan suatu benda. 

Orang selalu berfikir bahwa apabila magnet dibuat dengan cara menggosok maka akan diperoleh magnet permanen dan apabila diperoleh dengan cara elektromagnetik maka akan diperoleh magnet sementara. Anggapan tersebut tentunya keliru, kenapa bisa seperti itu? Karena kalangan tidak dapat melihat bahan apa yang akan digunakan.

Artikel Magnet Mengenai Penggolongan Benda Berdasarkan Sifat
Jika baja dibuat magnet dengan cara digosok akan mempeorleh magnet permanen, namun jika besi yang digosok maka akan memperoleh magnet sementara. Kebanyakan ketika kalangan membuat magnet dengan cara menggosok selalu menggunakan sebuah baja, karena inilah mengapa muncul anggapan bahwa menggosok bisa membuat magnet bersifat permanen.

Kasus yang lain yakni elektromagnetik, jika kita amati elektromagnetik manapun akan menggunakan inti besi lunak atau besi bukan baja, karena inti besi yang digunakan maka elektromagnetik akan menghasilkan magnet sementara. Namun coba anda pikir apabila intinya diganti dengan baja, apa yang akan terjadi? Yang pasti baja akan menjadi sebuah magnet permanen sehingga elektromagnetik tidak bisa anda manfaatkan dengan baik.

Teori Magnet di Dalam Bumi
Dalam artikel magnet ini, membahas mengenai Teori yang memang cukup rumit untuk dijelaskan, sebaiknya anda harus bisa membedakan dulu antara gravitasi bumi dengan magnet bumi. Kita bisa berdiri di atas muka bumi bukan karena terdiri dan  bersifat magnet, kenapa bisa begitu? Karena sesuai dengan definisi magnet merupakan bahan yang dapat menarik benda magnetik sedangkan kita bukanlah bukan bagian dari magnet.
Apa yang membuat semua manusia bisa berdiri di bumi? Jawabnya karena bumi mempunyai gravitasi yaitu kekuatan untuk menarik seluruh benda yang ada disekitarnya, tidak perduli jenis benda magnetik atau bukan. Gravitasi bumi di timbulkan karena bumi mempunyai sebuah massa, semakin besar massa maka semakin besar gravitasinya, ini sudah sesuai dengan hukum newton dan berbagai teori.

Sedangkan sifat kemagnetan bumi di timbulkan karena bumi berotasi dan berevolusi, jadi jika bumi tidak lagi berotasi maka simat magnetnya lama kelamaan akan segera hilang. Mulai dari sekarang supaya pembahasan mengenai artikel kemagnetan tidak membuat bingung maka kita bisa membedakan dengan baik antara gravitasi bumi dengan magnet bumi.

Kutub utara magnet bumi berada disekitar kutub selatan bumi, sedangkan kutub selatan magnet bumi ada disekiar kutub utara bumi. Antara kutub utara magnet bumi dengan kutub selatan bumi tidak berimpitan, ini terjadi pada kutub selatan magnet bumi. Demikian mengenai artikel magnet kali ini, semoga memberi banyak keberuntungan.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts