Artikel Magnet Dengan Sejarah Singkatnya

Artikel Magnet Dengan Sejarah Singkatnya

Sejak zaman dahulu sudah diketahui beberapa bijih mineral atau batuan warna metalik memang bersifar partikel besi. Mineral atau batuan tersebut disebut magnetik atau batuan bermuatan. Thales, seorang filosof Yunani yang hidup pada abad VI SM, merupakan orang pertama yang menaruh perhatian pada sifat biji besi. Akan tetapi, kemungkinan sebelum itu pun sudah banyak diketahui. Ulasan lengkap artikel magnet bisa anda ulas selengkapnya.

Ulasan Mengenai Magnet dengan Sejarah Singkatnya
Setelah masa Thales, batuan bermuatan tersebut serinb disebut dalam tulisan kuno. Batu bermuatan disebut dengan istilah magnet, kata magnet berasal dari bahasa Greek magnítis líthos yang mempunyai arti batu magnesia, atau sebuah wilayah di Asia kecil, tempat ditemukannya banyak endapan magnetik.

Kemudian Pada tahun 1820, Hans Christian Oesterd sudah menemukan bahwa kawat yang dialiri arus listrik bisa menolak jarum kompas. 

Hal tersebut menunjukan bahwa di sekitar kawat berarus timbul medan magnetik. 

Kemudian di tahun 1821, Michael Faraday membuat sebuah penemuan penting. 

Dua tahun sebelumnya Oersted telah menemukan bahwa jarum magnit kompas biasa dapat menyimpang jika arus listrik dialirkan dalam kawat yang tak berjauhan.

Artikel Magnet Mengenai Perkembangan Elektromagnet
Hal tersebut membuat Michael Faraday menyimpulkan bahwa, apabila magnet didekatkan, yang akan bergerak adalah kawat yang dialiri listrik. Bekerja atas dasar dugaan ini, Michael Faraday berhasil membuat sebuah skema yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan pada kawat. 

Sesungguhnya penemuan ini merupakan  motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sebuah benda bergerak. Meskipun masih sangat primitif, penemuan Michael Faraday ini menjadi soso “nenek moyang” dari semua motor listrik yang digunakan dunia saat ini.

Jadi arus listrik memang mampu membuat semua benda bergerak menjadi pembuka jalan yang luar biasa untuk penemuan motor listrik selanjutnya. 

Namun kegunaan praktisnya masih sangat terbatas karena belum terdapat metode untuk menggerakkan arus listrik selain dari kimiawi sederhana yang ada saat itu. Faraday yakin, pasti ada sebuah cara penggunaan magnit untuk menggerakkan listrik, dan beliau terus menerus mencari jalan bagaimana menemukan sebuah metode tersebut. 

Kini, magnit yang tidak berpindah-pindah tidak mempengaruhi arus listrik yang berdekatan dengan kawat.

Namun pada tahun 1831, Faraday menemukan bahwa magnet dilalui menggunakan sepotong kawat, arus akan mengalir di kawat sedangkan magnet tetap bergera. Keadaan ini disebut pengaruh elektro magnetik, dan penemuan tersebut menjadi istulah Hukum Faraday. Pada umumnya dianggap penemuan Faraday yang penting dan terbesar. Diatas merupakan sejarah singkat mengenai artikel magnet.

Artikel Magnet Mengenai Beberapa Fungsi di Berbagai Negara
Pada zaman dahulu, magnet mempunyai fungsi yang berbeda-beda di setiap wilayah di penjuru dunia. Orang-orang Yunani menganggap batu magnet sebagai sebah benda sihir, sebab mempuyai kemampuan untuk menarik benda-benda tertentu. 

Orang Romawi dan Yunani juga menggunakan magnet untuk mengusir roh jahat dan juga menyembuhkan penyakit karena kemampuan mereka yang cukup unik.

Fungsi utama magnet sebagai kompas atau penunjuk arah pertama kali ditemukan oleh bangsa China atau Tiongkok. Bangsa China menemukan bahwa ketika pertama kali membuat jarum dari magnet dan meletakannya di atas air, jarum tersebut selalu mengarah ke utara atau ke selatan.

Bangsa China atau Tiongkok kemudian mengguankan sebuah magnet sebagai kompas militer pada tahun 2000 SM. Di saat yang hampir sama, Bangsa Viking kemudian menemukan kompas dan menggunakan sebagai petunjuk arah untuk menyerang wilayah Inggris. 

Orang Eropa juga mengetahui mengenai kompas magnet ini ketika itu kalangan Italia melakukan perdagangan kedaerah China. Sekian mengenai artikel magnet kali ini, semoga memberi ilmu yang bermanfaat.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts