Artikel Magnet Mengenai Manfaat Magnet yang Bisa Anda Ketahui

Artikel Magnet Mengenai Manfaat Magnet yang Bisa Anda Ketahui

Magnet merupakan sebuah benda dimana terdapat gaya elektromagnetik yang sangat kuat di dalamnya sehingga akan menimbulkan gaya tarik menarik terutama jika dihadapkan pada sebuah benda yang cukup mudah tertarik oleh magnet. Mungkin anda sendiri sudah tak asing lagi dengan magnet ini karena banyak ditemukan diberbagai alat kehidupan sehari-hari. 

Manfaat magnet pada kehidupan sehari-hari ini sangatlah banyak namun seringkali tidak disadari karena memang orang awam hanya menggunakan alat tersebut dan tidak mengenali apa saja sih komponen yang terdapat di dalamnya. 


Nah simak artikel magnet kali ini secara singkat dan lengkap.

Ulasan Mengenai Magnet Serta Manfaat di Dalamnya
Sifat magnet yang tarik menarik ini merupakan hasil dari adanya aliran elektromagnetik di dalamnya jadi ketika tidak ditemukan aliran elektromagnetik dalam magnet, benda magnet tersebut sudah tidak bisa dikatakan sebagai magnet

Manfaat magnet sekarang sudah bisa diterapkan dengan cara yang sederhana, bahkan yang rumit sekalipun. Nah apa saja sih manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari? Jangan lewatkan artikel ini ya. Benda yang bisa ditarik kuat oleh magnet merupakan bahan yang terbuat dari logam seperti baja, besi dan nikel. 

Dengan adanya sifat tersebut, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk mempermudah mengambil benda dari logam. Peralatan tersebut diantaranya, tang, obeng, dan alat pengangkut besi tua.

Magnet Bisa di Jadikan Sebuah Kompas Atau Petunjuk Arah
Magnet bisa anda gunakan untuk menunjukkan arah karena kutub-kutub magnet selalu menunjukan ke arah utara dan selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut yakni kompas. Kompas merupakan alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas anda akan menemukan magnet berbentuk jarum yang selau menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga bisa digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki gunung, dan pilot untuk membantu menunjukan jalan.

Ketika anda membaca artikel magnet juga bisa memahami bahwa mereka akan menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yang menggunakan magnet untuk menghasikan listrik yakni sebuah dinamo sepeda. Pada dinamo sepeda, magnet akan menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan lampu sepeda.

Coba perhatikan pintu lemari es. Pintu lemari es bisa menutup dengan kuat dan rapat  dikarenakan di sekeliling pintu di dapati magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan dalam sebuah karet sepanjang pintu lemari es. Kulkas terbuat dari baja, magent ini bekerja membuat pintu selalu tertutu rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang sudah tertutup rapat bisa menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minumanan di dalamnya tetap segar.

Manfaat Besar dari magnet di Dunia
Kereta api jenis magnet modern yang bergerak tidak hanya menggunakan roda tetapi menggunakan magnet. Kereta api maglev bergerak melayang diatas rel yang terbuat dari magnet. Oleh karena itu kereta api tersebut disebut maglev, singkatan dari magnetic levitation yang mempunyai arti mengapung di atas magnet.

Dalam beberapa jenis papan catur juga menggunakan magnet di dalamnya. Hal ini dikarenakan biasanya catur mudah tegulung dan roboh dan hal tersebut tentu saja menyulitkan karena bisa jadi anda lupa dengan posisi caturnya. Oleh karena itu magnet juga diberikan dalam papan catur supaya tidak mudah roboh dan membuat para pemain catur tidak khawatir apabila catur roboh, karena permainan akan tetap bisa berlanjut.  

Demikian ulasan mengenai artikel magnet dan manfaat yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menambah wawasan baru bagi anda mengenai magnet dan apa saja alat rumah tangga yang sudah menggunakan magnet

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts