Artikel Magnet Mengenai Istilah dan Berbagai Jenis Magnet

Artikel Magnet Mengenai Istilah dan Berbagai Jenis Magnet

Berbagai macam artikel magnet dan kegunaannya lengkap kali ini akan kita bahas secara menyeluruh, mulai dari pengertian magnet, teori magnet, sifat magnet, cara membuat magnet, jenis-jenis magnet, serta bentuknya. 

Magnet atau magnit merupakan sebuah objek yang mempunyai suatu medan magnet. Magnet sendiri berasal dari negara yunani yakni magnitis lithos yang mempunyai arti batu magnesia.

Ulasan Istilah Dalam Artikel Magnet dan Berbagai Jenisnya


Magnesia merupakan sebuah wilayah di yunani pada masa lalu yang sekarang bernama manisa, berasal diwilayah turki yang dimana wilayah tersebut banyak ditemukan sebuah batu magnet. Magnet hanya bisa menarik benda tertentu yang ada dalam jangkauannya.  

Gaya magnet bisa menembus benda. Semakin besar gaya magnet maka semakin tebal benda yang bisa ditembus oleh gaya magnet.  

Dalam artikel magnet ini, magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub yakni utara dan kutub selatan. Jika kutub yang senama atau sejenis didekatkan maka akan saling tolak menolak, namun apabila kutub yang didekatkan berbeda maka akan saling tarik menarik.  

Medan magnet akan membentuk gaya magnet. Semakin dekat benda dengan magnet maka medan magnet menjadi semkain rapat dan gaya magnet akan kian membesar. Begitu juga sebaliknya.  Sifat kemagnetan bisa hilang atau melemah apabila dibakar atau terbakar, terus menerus jatuh dan lain sebagainya.

Jadi magnet merupakan benda yang mampu dan bisa menarik benda-benda yang terbuat dari besi serta baja yang berada disekitarnya. Kata magnet diambil dari sebuah nama daerah di wilayah Asia yaitu Magnesia, ditempat ini bangsa Yunani menemukan suatu batuan yang bisa menarik bahan-bahan dari besi dan baja.

Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan, kemagnetan merupakan kemampuan benda untuk menarik bendan lain disekitarnya. Menurut ilmuan, bangsa Cina merupakan bangsa pertama yang memanfaatkan magnet sebagai sebuah petunjuk arah atau kompas.

Berikut Ini Merupakan Teori dalam Artikel Magnet
Satu buah magnet sudah tersusun atas beberapa magnet mulai dari yang terkecil yakni disebut elementer. Dalam dunia magnet, magnet tersebut sudah tersusun dengan teratur, namun pada benda non-magnetik, magnet elementer tersusun secara acak.  

Bahan magnetik yang tidak termasuk magnet bisa diubah menjadi sebuah magnet dengan berbagai prinsip agar membuat magnet elementer menjadi teratur. Bahan magnetik lunak serta lebih mudah dijadikan magnet karena mudah menyusun magnet elementer menjadi teratur jika magnet dipotong, maka masing-masing potongan tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan. 

Ada 3 cara membuat sebuah magnet secara sederhana yakni dengan cara
· Menggosok
· Induksi dan
· Arus listrik
Secara garis besar, terdapat dua jenis magnet, yakni magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam merupakan magnet yang sudah mempunyai sifat kemagnetan secara alami tanpa campur tangan manusia. Contohnya: gunung ida di magnesia yang bisa menarik benda disekitarnya. 

Magnet bersifat buatan yakni terbuat dari tangan manusia, sedang yang alami dibuat dengan bahan magnetik kuat seperti halnya besi dan baja.

Magnet buatan terbagi menjadi 2 yaitu, magnet tetap atau permanen termasuk kedalam magnet yang mempunyai sifat kemagnetannya permanen, walaupun proses pembuatannya dihentikan. Magnet sementara merupakan magnet yang sifat kemagnetannya sementara, yakni hanya selama proses pembuatan.

Macam-Macam Bentuk dalam Magnet Pada Umumnya
Magnet mempunyai banyak bentuk karena setiap bentuk dibuat dengan tujuan dan kegunaan yang berbeda-beda. Secara umum terdapat 5 bentuk tetap magnet yaitu magnet batang, magnet jarum, magnet cincin, magnet ladam dan magnet silinder. 

Demikian informasi singkat kami sampaikan mengenai artikel magnet, semoga memberi banyak kemudahan dan ilmu yang bermanfaat untuk semua kalangan.

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts