Pengertian Magnet

Pengertian Magnet

Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang dapat menimbulkan gejala gaya, baik gaya tarik maupun gaya tolak terhadap jenis logam tertentu seperti besi, baja, seng, dan lain-lain. Istilah magnet berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. 

Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut. Jadi magnet atau kemagnetan adalah kemampuan suatu benda untuk menarik benda-benda lain yang berada di sekitarnya.

Bisakah kita hidup tanpa magnet, jawabnya tidak karena sebagian besar semua alat yang kita gunakan juga menggunakan magnet. Fenomena kemagnetan telah dikenal sejak jaman Yunani kuno. Magnet merupakan suatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Dalam kehidupan kita dikelilingi oleh magnet-magnet. Bumi yang kita diami adalah suatu magnet yang sangat besar. Bintang-bintang, seperti matahari memberi kehidupan pada mahluk di bumi juga merupakan suatu magnet yang besar. Berbagai alat menggunakan magnet seperti alat-alat rumah tangga dan alat-alat komunikasi. 

Berkaitan dengan magnet ini sering muncul pertanyaan-pertanyaan seperti apa sesungguhnya magnet itu, mengapa beberapa benda bersifat magnet, bagaimana sifat-sifat magnet. Oleh karena itu pada makalah ini kami akan membahas masalah tentang kemagnetan dengan judul “Magnet dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari”

AYO BERAMAL GABUNG FOLLOWER

Popular Posts